WELCOM

Sabtu, 17 November 2012

Olahraga Parkour



Tentunya sudah sering pembaca menyaksikan adegan orang yang berlari meloloskan diri dengan cara melompati pagar, tembok atau meloncat dari ketinggian, semuanya dilakukan secara akrobatis. Memukau!

Seperti itulah Parkour. Salah satu jenis olahraga yang hingga semakin banyak saja peminatnya. Parkour berarti bergerak dari tempat satu ke tempat yang lain dengan sangat cepat. Taksaja cepat melakukan gerakan Parkour harus memenuhi prinsip dasar olahraga ini. Prinsip dasar Parkour meliputi keindahan gerak yang diimbangi oleh kemampuan dari diri orang yang melakukannya.

Parkour pertama kali diperkenalkan oleh David Belle, seorang pria berkebangsaan Perancis. David Belle hanya mengenalkan olahraga ini di Preancis saja tetapi dengan cepat sekali menyebar ke seluruh Eropa hingga akhirnya mendunia.

Sebenarnya, bukan David Belle yang menemukan olahraga Parkour, melainkan George Herbert sebagai orang pertama yang menciptakan gerakan-gerakan dasar Parkour. Gerakan dasar Parkour yang diciptakan oleh George Herbert meliputi berjalan, berlari, melompat, memanjat, dan banyak lagi yang lainnya.

George Herbert terilhamdi dari prilaku suku bangsa Afrika yang rata-rata memiliki kemampuan gerakan gimnastik dan akrobatik. Menurut pengamatannya, pembentukan gerakan akrobatik dan gimnastik merupakan hasil tempaan dari lingkungan.

Gerakan yang diciptakan oleh George Herbert disebut dengan methode naturalle, yang disertai motto, “to be strong to be useful”. Murid pertama George Herbert adalah Raymond Belle, ayahnya David Belle. Dari sinilah Parkour berkembang...

Taksaja masyarakat sipil yang menyukai olahraga Parkour. Militer di Perancis pun tertarik dengan Parkour. Konon, tentara Perancis yang ditugaskan ke Vietnam pada 1960-an dibekali dengan gerakan dasar Parkour yang berjumlah 10 gerakan. Antara lain, berjalan (walking), berlari (running), melompat (jumping), mengayun (swinging), quadpedral movement, seimbang (balancing), melempar (throwing), mengangkat (lifting), memanjat (climbing), dan berenang (swimming).

Traceur adalah sebutan bagi pelaku olahraga Parkour. Olahraga ini taksemata olah tubuh, banyak nilai-nilai yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, semisal pantang menyerah, melawan rasa takut, dan bangkit dari keterpurukan. 

Itu saja sekilas informasi tentang olahraga Parkour, untuk lebih meyakinkan berikut sebuah tayangan video yang saya petik dari sebuah blog komunitas olahraga Parkour indonesia, khususnya komunitas Parkour Bandung — Selamat menikmati ..
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar