WELCOM

Sabtu, 17 November 2012

8 Fakta Unik Dan Pengetahuan Pada Dinosaurus

1. Dinosaurus Yang Hidup Paling Lama

8 Fakta Unik dan Pengetahuan Mengenai Dinosaurus Part 3

Hadrosaurus Berdasarkan teori paling kuat yang diterima saat ini, kepunahan dinosaurus terjadi secara massal akibat tumbukan benda angkasa raksasa ke Bumi. Peristiwa tersebut diperkirakan terjadi sekitar 65 juta tahun lalu.

Namun, kemungkinan tidak semua spesies punah saat itu. Sampai 500.000 tahun kemudian ternyata masih ada yang bertahan hidup. Misalnya, Hadrosaurus, jenis dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan yang khas dengan moncong seperti paruh burung.

Reptil raksasa yang diperkirakan memiliki panjang tubuh dua belas meter itu hidup di wilayah yang sekarang merupakan antara Colorado dan New Mexico. Fosil tulang Hadrosaurus yang ditemukan 80 tahun lalu ternyata berumur 64,5 juta tahun dari hasil pengukuran akurat menggunakan teknik radioaktif dan magnetik.

Kesimpulan ini dilaporkan Jim Fassett dari Badan Survei Geologi AS (USGS) dalam jurnal Paleontologica Electronica edisi teranyar. Namun, masih ada yang menyangsikan temuan tersebut mengingat umur Hadrosaurus telah diperdebatkan selama delapan dekade.

"Ini kesimpulan yang kontroversial dan banyak paleontolog akan skeptis. Namun, kita semua tahu bahwa buaya bertahan hidup, jadi kemungkinan ada jenis dinosaurus tertentu yang bertahan hidup tidak mustahil," ujar David Polly, editor jurnal ilmiah yang memublikasikannya.

2. Dinosaurus Terganas

Predator yang sangat populer karena sosoknya yang sering dijadikan pemangsa utama dalam film-film dinasaurus terkenal didunia. Memiliki struktur tengkorak yang besar, ekor yang berat dan dua cakar kuat pada masing-masing dari kedua kaki nya adalah ciri paling dikenal dari setiap rakasa jaman prasejarah.

Tyrannosaurus diperkirakan memiliki panjang 13 meter dan tinggi sampai dengan 4 meter dengan berat 7000 kilogram, menjadikan nya sebagai pemangsa terbesar dalam lingkungannya, berburu hampir segala sesuatu yang bisa makan.

Beberapa ahli mengatakan bahwa Tyrannosaurus bukanlah karnivora tetapi scavenger (spesies burung pemakan bangkai). Hal ini menjadi perdebatan yang panjang dalam dunia paleontologi.

3. Dinosaurus Laut Terbesar


Shonisaurus, kebanyakan ditemukan di Pegunungan Shoshone di Nevada, Shonisaurus adalah ikan berenang agak seperti lumba-lumba saat ini. Dinosaurus ini dari kelompok Ichthyosaurus (berarti kadal ikan). Ada sekitar 10 total ini kelompok dan Shonisaurus adalah yang terbesar. Ini memiliki panjang 50 kaki yang merupakan salah satu lumba-lumba besar, itu sudah pasti. 

Ada desas-desus satu yang ditemukan lebih besar di 69 meter panjangnya. Dikisahkan dapat ditemukan di sebuah bank sungai terpencil di Kanada. Informasi ini tidak dibuat sangat umum sehingga para ilmuwan tidak yakin apakah itu benar. Ditemukan (225-208000000 tahun yang lalu)Ukuran dan Berat: Sekitar 50 meterBobotnya: 30 ton


4. Dinosaurus Terbang Pertama



Pemburu pembunuh yang menakutkan ini adalah salah satu dari pterosaurus pertama, atau reptil terbang. Dengan kepalanya yang besar, rahang yang menghancurkan dan cakar mengerikan, Dimorphodon merupakan pemandangan yang luar biasa pada saat mereka terbang untuk berburu.

Dimorphodon terbang diangkasa sekitar 180 juta tahun yang lalu, memakan hewan air maupun daratan. Sayapnya sempit dan meruncing, seperti burung walet, dan terdiri dari selembar kulit yang terhubung dengan kaki depannya dan menjadi jari ke-empatnya. Berfungsi untuk menopang, pengendali terbang dan untuk terjun berenang secara tiba-tiba. Mereka memiliki penglihatan yang tajam, sehingga sangat kecil kemungkinan untuk lolos. Panjang 2.5 meter, dengan 20 centimeter kepala, 1 meter badan dan 1.25 meter ekor. Lebar sayap sekitar 1.4 meter. makanan Ikan, Cumi-cumi dan mungkin hewan darat seperti kadal

5. Dinosaurus Dengan Cakar Terbesar


Nama Therizinosaurus berarti “kadal sabit besar”. Nama itu diberikan karena cakarnya yg panjang & melengkung seperti sabit raksasa. Panjang cakarnya sendiri yang tidak ditutupi daging mencapai 90 cm ( keseluruhannya 1,5 m).Semula para ahli mengira dinosaurus ini adalah dinosaurus pemakan daging, karena mereka hanya menemukan fosil lengannya di Mongolia. Belakangan, para ahli menemukan fosil utuhnya & kaget karena struktur giginya sama sekali tidak mirip dinosaurus pemakan daging.Para ahli pun berpikir cakar ini hanya dipakai untuk mematahkan ranting atau mempertahankan diri dari pemangsa.

6. Dinosaurus Terkompak

8 Fakta Unik dan Pengetahuan Mengenai Dinosaurus Part 3

Compsognathus adalah jenis dinosaurus kecil yang menyerang secara berkelompok seperti Velociraptor. Kelompok Compsognathus jauh lebih banyak daripada Velociraptor, karena tubuh mereka jauh lebih kecil. Strategi kelompok Compsognathus lebih agresif daripada Velociraptor. Mereka tidak menggunakan pengalih perhatian, melainkan bantuan tambahan di belakang mereka yang sudah siap siaga. 

Compsognathus, Velociraptor, dan Tyrannosaurus memiliki bentuk yang mirip, tetapi mereka memiliki jenis yang berbeda. Dinosaurus ini merupakan dinosaurus yang paling kecil dengan panjang 60 cm dan hanya sebesar ayam. Hidup pada zaman Jurassic akhir sampai dengan awal Cretaceous.

7. Dinosaurus Dengan Leher Terpanjang

8 Fakta Unik dan Pengetahuan Mengenai Dinosaurus Part 3

Mamenchisaurus adalah jenis dari dinosaurus herbivora berkaki empat yang memiliki bentuk leher yang sangat panjang. Sebagian besar spesiesnya hidup pada 145-150 juta tahun yang lalu, pada periode Tithoania di akhir periode Jurasik.

8. Dinosaurus Dengan Paha Terbesar
8 Fakta Unik dan Pengetahuan Mengenai Dinosaurus Part 3

Ultrasaurus adalah dinosaurus kerabat Brachiosaurus yang terbesar dalam jenisnya. Ultrasaurus berwarna hijau cerah, ukuran tubuh mencapai 30 meter. Sama dengan kerabat-kerabat leher panjang lainnya, dinosaurus ini merupakan jenis herbivora. Fosil paha yang ditemukan mencapai 9 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar